Tuesday, October 5, 2010

New Daihatsu Terios Kini Lebih Hemat Bahan Bakar  

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM), Selasa (5/10) resmi meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) kompak Daihatsu Terios versi facelift, New Terios. Meski menyandang titel facelift, namun perubahan yang dilakukan oleh Daihatsu membawa dampak yang cukup besar yaitu penghematan bahan bakar hingga 6 persen dibanding versi sebelumnya.

"Dengan semakin iritnya bahan bakar itu, maka Terios baru ini akan menjadi value maker, karena mobil ini terbukti memiliki value for money sangat tinggi di kelasnya," tutur Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM, di sela peluncuran New Terios di Gunung Putri, Bogor, Selasa (5/10).

Ihwal semakin iritnya konsumsi bahan tersebut, Pradipto Sugondo, Head Executive Product Development Division PT ADM mengaku pihaknya telah melakukan sejumlah inovasi. Terios anyar ini, kata dia, telah menggunakan Electronic Power Steering (EPS) sehingga pengendalian mobil lebih ringan, walhasil bahan bakar yang digunakan juga semakin kecil.

Sumbangan peranti itu terhadap penurunan konsumsi bahan bakar, kata Pradipto, mencapai 2 persen. "Atau sekitar 30 persen dari total peningkatan penghematan bahan bakar oleh Terios generasi baru yang mencapai 6 persen tersebut," terang dia.

New Terios juga menggunakan termostat peranti pendingin ruangan (AC) yang tidak cepat on. Sehingga, bahan bakar yang disedot untuk mengaktifkan peranti itu juga semakin kecil.

"Kami juga menambahkan isolator packing yang berupa busa di antara radiator, mesin, dengan kompressor. Sehingga, kerja kompressor Ac semakin ringan dan bahan bakar yang disedot juga semakin sedikit," papar Pradipto.

Terobosan lainnya, meningkatkan tekanan ban. Seiring peningkatan tekanan itu, maka tingkat rolling resistance ban juga semakin rendah, sehingga laju mobil semakin ringan dan bahan bakar yang dikonsumsi semakin sedikit. Ubahan lain tak kalah menarik adalah tampilan di eksterior, serta tata ruang dan fitur baru di interior.

Pada bagian luar, gril, bemper, lekukan di kap mesin kini menggunakan desain baru. Di bagian buritan tampilan lampu rem yang sebelumnya berbentuk lingkaran kini diubah menjadi kotak. "Bentuk lampu itu mengadopsi bentuk lampu yang digunakan oleh SUV premium," sebut Amelia Tjandra.

Bentuk palang pelek dari bahan alloy pun tak luput dari sentuhan perubahan. Kini palang itu terkesan lebih tegas dengan penonjolan pada garis-garis sudut pinggir. Masih di bagian kaki-kaki, Daihatsu menyempurnakan peranti sistem suspensi. Coli Spring dan shock absorber kini disempurnakan.

Di bagian interior, ubahan tampilan terlihat pada meter cluster yang kini dibingkai garis berlapis krom. Peranti sistem kontrol audio kini diletakkan di lingkar kemudi, sehingga memudahkan pengemudi mengoperasikan head unit.

Tingkat kebisingan di bagian kabin Terios baru itu juga semakin kecil. Bila sebelumnya 73 disibel (db), kini menjadi 71,8 db. Kapasitas ruang kabin juga semakin besar karena sebagian kursi di bagian kedua bisa dilipat sempurna, begitu pula kursi baris ketiga.

"Tetapi meski bertambah fitur dan serangkaian perubahan, namun kenaikkan harganya hanya Rp 1,4 - 2,5 juta," tandas Suparno Jasmin, Chief Executive Astra International - Daihatsu Sales Operation.

ARIF ARIANTO



Powered by WizardRSS | Full Text RSS Feeds

06 Oct, 2010


--
Source: http://www.tempointeraktif.com/hg/modifikasi/2010/10/05/brk,20101005-282751,id.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment