Tuesday, October 5, 2010

The Refined Mazda6: Partner 24 Jam Sehari

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kendaraan, bagi sebagian orang, sudah menjadi bagian dari dari hidup mereka. Anda tentunya butuh sebuah kendaraan -- seperti kata sebuah iklan -- yang siap setiap saat. Bukan pilihan yang mudah tentunya. PT Mazda Motor Indonesia (MMI), pemegang merek Mazda di Indonesia, menawarkan sebuah pilihan; The Refined Mazda6.

Ada kalimat menarik yang ditulis MMI dalam laman resmi mereka soal sedan medium ini. "Your life is exciting and fast, for 24 hours of every day. And Mazda6 is the perfect partner." (Hidup Anda menarik dan cepat, 24 jam sehari. Dan Mazda6 adalah partner sempurna).

The Refined Mazda6, demikian Mazda menyebut versi faceliftnya, sebenarnya sudah dikenalkan MMI pada akhir bulan Juni lalu, namun awal pekan ini saya berkesempatan mencobanya.

Tampilan luar Mazda6 kini mengadopsi desain tampilan berkonsep 'bold and exquisite'. Konsep ini memang mulai menjadi trade mark wajah produk Mazda. Tampilan depan, grill depan yang berbentuk bibir yang tengah tersenyum, headlamp, dan foglamp, langsung menunjukkan karakter Mazda.

Demikian juga bagian buritan yang kini menyajikan desain baru rear combination lamp. Lampu belakang terpisah dua bagian antara penutup bagasi dan bagian samping bodi yang terlihat cukup unik. Tampilan yang sama juga diadopsi Mazda2 Sedan dan SUV CX-9.

Tampangnya makin sporty dengan penggunakan velg 17 inci aluminium alloy wheels dengan ban 215/50R17. "Kami melakukan penyempurnaan pada eksterior maupun interior yang membuat si mobil lebih ok lagi," kata Astrid Ariani Wijana, Marketing Manager PT MMI.

Begitu masuk ke ruang kabin, ada dua hal yang berubah cukup mencolok yaitu pelapis jok baru yang dibuat dari bahan kulit berwarna coklat tua. Pengaturan posisi duduk tak lagi menggunakan sistem engkol. Tinggal merogoh ke samping bawah, terdapat switch pengaturan kursi yang dilakukan secara elektronik.

Lapisan chrome ditambahkan pada bagian-bagian yang sering digunakan seperti climate control, tombol audio, shift level, rem tangan, dan pegangan pintu dalam. Alasannya, biar lebih awet.

Selain itu, desain panel speedometernya juga memberikan kesan sporty dan mewah, melalui sentuhan warna hairline dan matte finish. Untuk entertainmen, Mazda6 dilengkapi dengan sistem audio garapan produsen audio premium terkemuka, BOSE yang ditunjang dengan delapan pengeras suara.

Lainnya? Tombol start/stop engine, lingkar kemudi yang dilengkapi berbagai switch pengaturan audio, cruise control, bahkan tuas transmisi padleshift.

Seperti juga model Mazda lainnya, saya selalu terkesan dengan performanya dan pengendaliannya. Di bawah bonet, Mazda tidak mengutak-atik mesin MZR 2.5 liter inline 4 cylinder 16 valve DOHC seperti model sebelumnya. Mesin berkapasitas 2.725 cc ini juga tetap menggunakan fitur Sequential-Valeve Timing (S-VT) dan Electronic Throttle Control (ETC).

Tenaga maksimum yang dihasilkan 125 kW (170 ps) @ 6.000 rpm dan torsi 226 Nm (23.0 kgm) @ 4000 rpm. Tarikan mengejutkan di awal, "nafas"nya panjang meski harus sedikit sabar saat putaran mesin di atas. Kemampuan mesin ini ditunjang dengan transimisi 5-speed activematic plus Active Adaptive Shift (AAS) yang bisa dimainkan lewat paddle shift di belakang kemudi.

Handling cukup ringan untuk mobil berdimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.795 mm dan lebar 1.440 mm dengan wheelbase 2.725 mm ini. Dengan bodi seperti ini, Mazda6 ternyata juga tak sulit diajak bermain di kemacetan. Satu kelebihan lain adalah saat memutar ditikungan juga gampang karena Mazda6 memiliki radius putar 5.5 m.

Mazda memperbaiki sistem suspensi pada Mazda6 baru ini. Selain penyempurnaan Direct Drive Electric Power Assist Steering (EPAS), Mazda juga melekatkan suspension tuning. Suspensi ini dapat memberikan efek steering yang lebih stabil ketika dipacu kencang, lebih halus ketika berbelok, serta respon pengendalian yang lebih mantap.

Yoshiya Horigome, Presiden Direktur PT MMI mengungkapkan banderol Mazda6 di hanya Rp 485 juta (on the road Jakarta). Well, "It's Mazda6. And it's waiting for you," tulis Mazda.

RAJU FEBRIAN



Powered by WizardRSS | Full Text RSS Feeds

06 Oct, 2010


--
Source: http://www.tempointeraktif.com/hg/test_drive/2010/10/05/brk,20101005-282789,id.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment