Monday, October 4, 2010

Tesla Recall Ratusan Unit Mobil Listriknya

CALIFORNIA- Tesla Motors, produsen mobil listrik asal Amerika, telah mengumunkan akan menarik kembali produknya dengan alasan keamanan pada model Roadster 2.0 dan 2.5.

Alasan penarikan ini terjadi, karena telah ditemukan masalah pada kabel kendaraan tersebut. Kabel tersebut dikatakan dapat berpotensi menyebabkan kebakaran karena adanya arus pendek listrik.

Perusahaan itu mengatakan, bahwa penarikkan kembali tersebut diputuskan karena telah ditemukan adanya kesalahan pada kabel 12 volt yang terkelupas.

Akibat lanjutan dari kabel yang terkelupas tersebut, menyebabkan hubungan arus pendek dan kebakaran di belakang headlamp kanan depan mobil.

Penarikan kembali ini akan terjadi pada total 439 roadsters 2.0 dan 2.5, namun tidak termasuk pada model sebelumnya yakni Roadster 1,5, karena tidak menggunakan kabel tersebut.

Tesla mengatakan telah menerima satu laporan yang menyebut salah satu kabel 12 volt di salah satu panel mengelupas sehingga menyebabkan hubungan arus pendek.

"Kabel kemudian akan tebakar di bagian belakang lampu utama," sebut pernyataan Tesla yang berkantor pusat di Palo Alto, California, itu. Kabel 12 volt tersebut juga menjadi pemasok listrik bagi sejumlah system tambahan seperti airbag, lampu depan, dan lampu sein.

Tesla telah menghubungi para pemilik mobil listrik itu, terkait permasalahan di kabel tersebut. Pabrikan ini juga berencana untuk mengirim tim pelayanan ke rumah atau kantor pemilik kendaraan untuk memperbaiki mobil mereka. Perbaikan tersebut memliki durasi sekitar satu jam.

Recall ini merupakan yang kedua kalinya terjadi, pada mobil seharga Rp981 juta itu. Sebelumnyanya pada 2009, sebanyak 345 unit Roadster juga telah dipanggil dengan masalah yang berbeda.

Namun kali ini, Tesla menegaskan bahwa penarikan mobil listrik tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan baterai ataupun sistem tenaga. (uky)



Powered by WizardRSS | Full Text RSS Feeds

04 Oct, 2010


--
Source: http://autos.okezone.com/read/2010/10/04/52/378963/tesla-recall-ratusan-unit-mobil-listriknya
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment