Sunday, October 3, 2010

Warga AS Kepincut Hatchback

WASHINGTON- Masyarakat Negeri Paman Sam dikenal sangat menyukai mobil-mobil berukuran besar. Jika ingin pergi ke kantor, mereka memilih sedan mahal berukuran besar dan mewah.

Kalau ingin mengajak keluarga berjalan-jalan, mereka pun menggunakan sport utility vehicle (SUV) yang juga berukuran besar. Mereka malah antipati dengan mobil-mobil berukuran kecil, apalagi hatchback.

"Maaf, kami Amerika, kami tidak membeli hatchback". Ucapan itu kerap keluar dari mulut warga Amerika. Melihat fenomena tersebut, tidak heran jika banyak produsen mobil di dunia enggan menjual hatchback laris mereka ke kawasan Paman Sam.

Tapi, itu dulu, sekarang justru terjadi sebaliknya. Peralihan generasi justru membantu hatchback mencuri perhatian. Bahkan,tak hanya mencuri perhatian, warga Amerika Serikat (AS) saat ini justru lebih memilih hatchback ketimbang sedan.

Ford Fiesta misalnya. Penjualan Fiesta tipe hatchback justru lebih berkembang ketimbang Fiesta tipe sedan. Menurut Autoblog, Fiesta tipe hatchback terjual lima kali lebih banyak ketimbang Fiesta empat pintu. Bahkan, Fiesta hatchback merupakan produk terlaris dari Ford Amerika saat ini dengan persentase 60 persen.

Tidak heran jika saat ini Ford sangat fokus mengembangkan Fiesta tipe hatchback. Menurut analis dari Ford, George Pipas, perubahan pola pandang itu memang disebabkan adanya peralihan generasi di AS. Anak-anak muda yang sudah mapan justru enggan untuk meneruskan pola pandang orang tua di AS yang memilih mobil berukuran besar.

"Berkat informasi yang mereka dapatkan lewat internet dan televisi,mereka mulai berubah pikiran. Mereka mulai mengerti ternyata hatchback sangat digemari di kawasan Asia dan Eropa," ujar George Pipas.

Beberapa produsen juga mulai memasarkan hatchback terbaru mereka di AS meski dengan terpaksa harus memakan korban saudaranya sendiri. Hal ini sangat dirasakan oleh Toyota saat memasarkan Toyota Yaris hatchback pada 2006.Penjualan mobil tersebut justru membuat drop penjualan Toyota Yaris sedan atau di Indonesia dikenal dengan nama Toyota Vios.

"Penjualan Yaris hatchback lebih tinggi 60-40 ketimbang sedan Yaris. Pada 2008 kami berhasil menjual Yaris hatchback sebanyak 63.246 unit, sebelumnya bahkan lebih besar lagi yakni 101.581 unit," ujar juru bicara Toyota Amerika, Curt McCallister.

Tidak hanya produk asal Jepang yang mengalami peningkatan, produk-produk asal Korea Selatan pun mengalami hal yang sama. Juru bicara Hyundai Amerika Dan Bedore mengatakan, penjualan hatchback Hyundai yakni Accent hatchback jauh lebih baik ketimbang versi Accent sedan.

Penjualan Accent hatchback hingga saat ini mencapai 77 persen. Melihat potensi tersebut, Hyundai berusaha mendatangkan hatchback terbaru di AS, Hyundai Veloster.

Beberapa mobil lainnya yang terpaksa memakan saudara sendiri juga terjadi pada Nissan Versa hatchback dan Nissan Versa sedan, Mazda3 hatchback dan Mazda3 sedan, Suzuki SX4 dan Suzuki SX4 sedan, serta Subaru Impreza 2.5i hatchback dan Subaru Impreza 2.5i sedan. (uky)



Powered by WizardRSS | Full Text RSS Feeds

03 Oct, 2010


--
Source: http://autos.okezone.com/read/2010/09/30/52/377572/warga-as-kepincut-hatchback
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment