Sunday, October 10, 2010

Kakek Usia 100 Tahun, 85 Tahun Nyetir Tanpa Pernah Kecelakaan

Oto-Safety and Oto-Unik - Seorang kakek berusia 100 tahun membuktikan diri sebagai pengendara paling aman di dunia. Sebab kakek bernama George Geeson ini sudah 85 tahun menyetir mobil tanpa pernah mengalami kecelakaan sekali pun.

Padahal seumur hidupnya, Geeson tidak pernah mengikuti tes mengemudi untuk mendapatkan sebuah SIM. Dan hingga kini Geeson diberikan SIM setelah mengemudi selama 85 tahun. Itu pun juga tanpa melalui tes.

Geeson pertama kami mengendarai mobil pada usia 15 tahun ketika dia mencoba membawa sebuah Ford Model T. Setelah itu, baru 10 tahun kemudian Geeson mampu membeli mobil Willys-Overland Whippet berwarna biru.

"Ketika saya pertama kali mengemudi tidak ada tes. Anda hanya tinggal membawa (mobil) itu," ujarnya seperti detikOto kutip dari Daily Mail, Senin (11/10/2010).

"Saya sangat beruntung karena seorang pria di desa membiarkan saya mengendarai Ford Model T miliknya. Saya adalah pengemudi terpanjang di negara ini dan saya sangat bangga telah berhasil sampai usia 100 tahun tanpa harus menyebabkan kecelakaan," imbuhnya.

Kini Geeson sudah menjelajahi lebih dari 1 juta mil jalanan Inggris. Karena itulah Geeson pun dianggap banyak orang sebagai orang Inggris yang telah mengendarai mobil lebih jauh dari orang lain.

Meski begitu, Geeson mengatakan bahwa kesehatannya sekarang masih sangat baik. Penglihatan yang dia miliki pun masih baik hingga membuatnya layak mengemudi.

"Aku tidak punya masalah medis dan penglihatan saya baik-baik saja. Jadi saya ingin terus berjalan selama saya dalam kesehatan yang baik. Saya tidak ingin memprediksi berapa lama lagi saya bisa mengemudi tapi mudah-mudahan untuk sementara masih baik," jelas kakek yang mendapatkan telegram ucapan hari ulang tahun dari Ratu Inggris pada 7 Oktober lalu.

Geeson sendiri baru saja mendapatkan SIM setelah mengisi formulir yang
dikirimkan kepadanya oleh badan yang mengeluarkan SIM di Inggris, DVLA tanpa perlu melakukan uji kemampuan berkendara.

Dengan adanya SIM tersebut dan kesehatannya yang masih baik, Geeson pun berhak menyetir. Saat ini ada 137 orang berusia di atas 100 tahun di Inggris yang memegang SIM.

Uji mengemudi untuk mendapatkan SIM sendiri baru diberlakukan pada 75 tahun yang lalu. Jadi siapapun yang bisa menyetir sebelum ini tidak diwajibkan untuk mengikuti tes.

"Siapa pun yang melewati semua persyaratan medis bisa diberikan perpanjangan tiga tahun," ujar seorang juru bicara DVLA.


--
Source: http://oto.detik.com/read/2010/10/11/080727/1460806/640/kakek-usia-100-tahun-85-tahun-nyetir-tanpa-pernah-kecelakaan

No comments:

Post a Comment