Sunday, October 10, 2010

3 Generasi Honda CR-V

3 Generasi Honda CR-V - Di Indonesia, nama SUV ini sudah begitu akrab di telinga. Apalagi dalam satu dekade ini, Honda Prospect Motor telah menghadirkan tiga generasi dari Honda CR-V. Mari kita simak satu persatu.

Honda CR-V pertama kali diluncurkan bulan Oktober 1995 di Jepang. Setahun kemudian, diperkenalkan di Asia dan Ocenia. SUV Honda ini menjadi model internasioanl tahun 1997 yang dijual di Amerika dan Eropa.

Generasi I Honda CR-V (2000-2002)

Generasi pertama dari Honda CR-V mengusung konsep cross-country dengan sedan. Didukung mesin 2.0 liter PGM-FI yang menghasilkan tenaga 128 PS, yang digabungkan dengan transmisi 5-speed manual dan 4 speed otomatis.

Konsep walkthrough cabin pertama kali diperkenalkan, yang memudahkan akses perpindahan dari baris pertama ke baris kedua. Generasi pertama dari CR-V ini juga sudah dilengkapi SRS Airbags.

Generasi II Honda CR-V (2002-2007)

Honda CR-V generasi kedua menyapa pasar tanah air dengan perubahan radikal dari segi desain. Begitu juga dengan ruang kabinnya yang semakin mewah dengan panel instrumen LCD, dan sistem Audio layar sentuh 7 inci.

Pertama kali dikenalkan teknologi i-Vtec DOHC yang mengatur durasi buka-tutup klep sesuai kecepatan dan beban pada mesin 2.0 dan 2.4 liternya. Sehingga tenaganya menjadi 150 PS untuk mesin 2.0 liter dan 160 PS untuk mesin 2.4 liter. Tercatat 1 kali facelift untuk CR-V generasi ini.

Generasi III Honda CR-V (2007-sekarang)

Sekali lagi, Honda CR-V membuat gebrakan, terutama soal desain dan fitur yang diusungnya. Setelah sebelumnya serba tajam, kini CR-V tampil lebih elegan dengan desain serba membulatnya.

LCD Meter display, AC auto dan Climate control, serta 8-way power adjuster pada kursi pengemudi, dan Audio layar sentuh DVD/CD dan USB, menjadi fitur andalan CR-V generasi III.

Begitu juga dengan mesin 2.0 dan 2.4 liternya. Dan khusus mesin 2.4 liter, sudah mengaplikasi teknologi Torque Boost Resonator, sehingga tenaganya melonjak jauh menjadi 170 PS.


Seperti halnya CR-V generasi kedua, generasi ketiga pun mengalami 1 kali facelift.

--
Source: oto.detik.com

No comments:

Post a Comment